Dari Problematika, Hingga Hasilkan Alat Pendeteksi Makanan Halal

Mahasiswa prodi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lagi-lagi unjukkan potensinya di tingkat Nasional dalam Call For Papers Safety & Halal 2019 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Rabu, (30/10). Karya itu diciptakan oleh lima mahasiswa semeser lima yakni Auria Eka Mayasari, Ananda Ilmi W, Haidar Putra Agya, Mustika Nur Alam, dan Sayyidatunisa.
Ajang tersebut diikuti oleh setiap akademisi dari berbagai universitas di Indonesia. Pada kesempatannya, Sayyidatunisa dan Mustika Nur Alam mewakili tim dari Umsida memaparkan hasil karyanya berupa Mahal’s. Mahal’s adalah sebuah aplikasi Scan Makanan Halal sebagai bentuk alat pendeteksi kehalalan suatu makanan. Pasalnya, aplikasi ini bermula dari melihat kondisi sekitar yang kerap kali merasakan keraguan atas kehalalan setiap makanan, hingga akhirnya tercetus untuk membuat aplikasi Mahal’s.
Haidar Putra Agya mwngungkapkan bahwa adanya aplikasi ini tentu diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya ummat muslim untuk mengetahui kehalalan suatu makanan, “Ditengah kondisi banyaknya jenis makanan yang beredar dipasaran, kami berharap dengan adanya aplikasi ini dapat membantu mayarakat untuk mengetahui kehalalan suatu makanan”, ungkapnya.
Ananda Ilmi juga menambahkan,
“Paper yang dipresentasikannya sedang dalam proses pendaftaran ISBN dan aplikasinya juga telah mendapatkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI),” pungkasnya.

Related Posts

Dukung Literasi Wakaf, Prodi Perbankan Syariah Gelar Magang di BWI JATIM

Sebagai bentuk dukungan gerakan literasi wakaf dan pengembangan kompetensi mahasiswa,...

PRODI PERBANKAN SYARIAH: IKHTIYAR BENTUK MAHASISWA YANG DEKAT DENGAN AL-QUR'AN

Mahasiswa Perbankan Syariah gelar ngaji bersama. Kegiatan ini berlangsung secara...

Jurnal Perbankan Syariah (PERISAI) UMSIDA Terakreditasi Sinta 3

Tim editor jurnal Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo...

Leave a Reply