MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UMSIDA IKUT BERPERAN DALAM PROGRAM PENGADAAN QRIS UNTUK MASJID DI SIDOARJO

Lembaga sertifikasi profesi UMSIDA mengadakan uji kompetensi bagi para mahasiswa di tiap jurusan pada bulan April untuk gelombang pertama. Uji kompetensi ini bertujuan agar kedepannya mahasiswa menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Uji kompetensi ini memiliki banyak pilihan skema. Salah satu skema yang bisa diikuti oleh mahasiswa jurusan perbankan syariah adalah skema “Sertifikasi Okupasi Funding Sales Representative”. Dalam pelaksanaan ujian sertifikasi tersebut, dosen penguji memberi sebuah proyek kepada para mahasiswa yang diuji yaitu ikut serta dalam kegiatan BSI (Bank Syariah Indonesia) yang sedang melaksanakan program pengadaan QRIS untuk masjid di Indonesia.

QRIS untuk masjid ini bertujuan memudahkan jamaah dalam bermuamalah untuk masjid khususnya jamaah yang terbiasa melakukan pembayaran non tunai. Dewasa ini, sudah banyak transaksi non tunai yang terbukti lebih efisien jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. Dana yang dikirimkan jamaah lewat kode QR akan langsung masuk ke dalan rekening masjid. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pencurian kotak amal yang masih saja terjadi di lingkungan masjid.

Salah satu mahasiswa perbankan syariah Universitas Muhammadiyah, Ahmad Fauzy Bahitsul I.F menjadi peserta ujian pertama yang berhasil menyukseskan program pengadaan QRIS untuk masjid. Lebih tepatnya Masjid Al-Hikmah yang beralamatkan di Ds. Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. QRIS tersebut digunakan sebagai media pembayaran non tunai untuk wakaf, infaq dan sedekah. Dengan terwujudnya QRIS ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai melek digital dan tentunya jika jamaah masjid ingin bersedekah sudah tidak perlu lagi membawa uang tunai. Cukup meng-scan kode QR yang ada di masjid tersebut.

Penulis : Tsuroyya Putri Sa’adah

Related Posts

30 Mahasiswa Perbankan Syariah Resmi S.E

30 mahasiswa prodi Perbankan Syariah telah sah bergelar Sarjana Ekonomi...

Mahasiwa Perbankan Syariah Praktisi Mengajar bersama Owner Hotel Syariah

Guna mendukung Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dicanangkan...

PRODI PERBANKAN SYARIAH UMSIDA SEMESTER 6 SERENTAK UPLOAD VIDEO DI TIKTOK

Dewasa ini, kegiatan edukasi tidak selalu harus mengadakan pertemuan atau...

Leave a Reply