Mendukung Akreditasi, Mahasiswa dan Dosen Perbankan Syariah UMSIDA Lakukan ini

Mahasiswa Perbankan Syariah unjukkan kebolehannya dengan hadirkan enam karya sekaligus berupa 4 aplikasi dan 2 website untuk menjawab problema sekitar. Karya tersebut diluncurkan oleh mahasiswa semester 5 yang terbagi kedalaman 6 tim, hadirnya karya tersebut merupakan hasil dari mata kuliah kewirausahaan yang diampu oleh M. Ruslianor Maika, S.Hut., MAB.
Karya-karya mahasiswa tersebut dalam bentuk prototype yang sebagian besar berbentuk aplikasi maupun website yang nantinya diharapkan mampu membantu dan mengatasi problem yang terjadi pada masyarakat sekitar. Karya tersebut adalah Go-Print yang merupakan hasil kreativitas dari Ricky Dendy Oktavian, Ninit Firdayanti, Nafiatur Rohmah, Riris Widayanti, dan Ulfatul Khoiriyah. Mekanisme kerja Go-Print adalah pengguna tinggal mendownload aplikasinya, kemudian mengupload file yang akan di print lalu melakukan pembayaran secara online dan hasil print out dari penngguna akan diantar sesuai alamat. Jadi mahasiswa maupun masyarakat tidak perlu mendatangi warnet untuk mengeprint sehingga lebih efesien waktu dan tenaga.
Selanjutnya, Bookberkah yang merupakan prototype website untuk pinjam meminjam buku berbasis wakaf yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga lebih memudahkan bagi masayarakat untuk mencari buku yang diinginkannya. Ini dicanagkan oleh Rizka Elisa Rahamawati, Desy Dwi Sulastriya N, Nurul Fitriyah, Novy Septiana Tobii, Setya Rifky, dan Yanuar Akbar.
Lalu, Dinda Kartika, Anjar Ramadhani, Nikmatus Sholica, Rodiyah, dan Indah Nur Anisa yang menunjukkan kreatifitasnya dengan membuat aplikasi yang bernama Mari Beramal yang merupakan merupakan prototype aplikasi penggalangan dana untuk waqaf, infaq, dan shadaqah.
Tidak ingin kalah dengan tim yang lain, ke enam mahasiswa yang beranggotakan Siti Mas’ula, Shella Titania, Reni Seri, Siti Ayu, Ilvi Nur Diana, dan Timotyus Yohanes membuat karya yaitu D’laundry yang merupakan prototype aplikasi untuk jasa pencucian pakaian yang bisa diakses secara online.
Kemudian, Aplikasi Mahal’s yang merupakan aplikasi untuk mendeteksi kehalalan suatu makanan dengan menggunakan scanner. ini merupakan ide dari Sayyidatunisa, Mustika Nur Alam, Auria Eka Mayasari, Ananda Ilmi, dan Haidar Putra Agya.
Selanjutnya adalah aplikasi My book yang merupakan prototype aplikasi untuk IMBT buku. Dimana siapapun dapat membeli buku dengan cara mengangsur yang dapat meringankan beban si pencari buku tersebut.
Dari keenam karya tersebut hingga kini berada dalam tahap prototyping, ” Aplikasi kami ini masih dalam bentuk prototype, jadi belum bisa digunakan secara luas”, ungkap Desy Dwi Sulastria N salah satu anggota dari tim Bookaberkah.
Pada kesempatannya, Indah Anisa salah satu anggota dari tim Mari Beramal mengungkapkan bahwa karyanya telah mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual, “sampai detik ini, perkembangan karya kami, selain telah ada prototype kini juga telah memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI)”. Pungkasnya.

Related Posts

Dukung Literasi Wakaf, Prodi Perbankan Syariah Gelar Magang di BWI JATIM

Sebagai bentuk dukungan gerakan literasi wakaf dan pengembangan kompetensi mahasiswa,...

PRODI PERBANKAN SYARIAH: IKHTIYAR BENTUK MAHASISWA YANG DEKAT DENGAN AL-QUR'AN

Mahasiswa Perbankan Syariah gelar ngaji bersama. Kegiatan ini berlangsung secara...

Jurnal Perbankan Syariah (PERISAI) UMSIDA Terakreditasi Sinta 3

Tim editor jurnal Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo...

Leave a Reply